Wana Wisata Angker nan Eksotis Alas Purwo Banyuwangi

Wana wisata merupakan jenis wisata menjelajah hutan yang memang termasuk menarik. Apalagi, biasanya jenis wisata ini, banyak terdapat di Indonesia dengan kawasan hutan lindungnya yang masih terbilang cukup banyak. Salah satu yang terbilang epik, adalah wana wisata kawasan hutan lindung Alas Purwo yang terletak di seputar Kecamatan Purwoharjo dan Kecamatan Tegaldlimo, kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Kawasan hutan lindung ini terbilang lumayan luas, yaitu sekitar 434 km. Dalam laman wowasiknya.com dinyatakan bahwa kawasan hutan lindung ini menyimpan lebih dari 500an jenis tumbuhan dan ratusan jenis hewan liar yang hidup secara bebas. Kawasan hutan lindung Alas Purwo Banyuwangi ini dikenal sebagai hutan yang legendaris karena angkernya. Konon katanya, Alas Purwo Banyuwangi merupakan kawasan yang menyimpan banyak misteri berhubungan dengan dunia gaib, dari pintu dunia kaum hunian, pusat kerajaan jin dan tempat semedi serta bertapa.

[caption id="attachment_2421" align="aligncenter" width="1600"] Pintu gerbang masuk Alas Purwo. (foto: Asli Indonesia)[/caption]

Namun, jika Anda mengunjunginya, pesona kawasan hutan lindung Alas Purwo Banyuwangi bukan  semata-mata angker, tetapi sebenarnya menghadirkan keragaman hayati yang begitu menawan. Memang, dengan kawasan yang begitu rindang dan asri dengan berbagai tanaman keras yang menjulang membuat suasana begitu angker namun elok.

Siwi Rahayu dalam pegipegi.com, mengungkapkan eksotisme hayati yang begitu indah di kawasan hutan lindung Alas Purwo Banyuwangi. Dengan luas area sekitar 43.420 hektar, Alas Purwo menghadirkan pesona hewan liar yang hidup bebas, dari banteng jawa, rusa, kijang, harimau jawa, babi hutan, kucing hutan, kera abu-abu, biawak, macan tutul, lutung, ayam hutan, merak, dan masih banyak lagi.

[caption id="attachment_2422" align="aligncenter" width="1600"] Panorama keindahan Alas Purwo. (foro:banyuwangi bagus)[/caption]

Sedangkan keanekagaraman floranya pun begitu elok, dari 584 jenis pepohonan, liana, semak, herba, dan rumput. Anda pun disuguhi eksotisme padang penggembalaan, hutan alam, mangrove, hutan pantai dan kawasan ribuan bambu. Maka, sempatkanlah jika Anda mengunjungi Banyuwangi untuk mampir di Wana Wisata Alas Purwo Banyuwangi.

Tidak perlu Anda kuatirkan mengenai kabar burung angkernya dan gaibnya hutan seperti di  dalam cerita-cerita peri, namun songsonglah keanegaragaman hayati hutan tropis yang memang terbilang tua di Indonesia ini.

Comments

Popular Posts