Merasakan Syahdunya Idul Adha dengan Kuliner Kuah Sie Kameng Aceh

Merayakan Idul Adha masih ada yang kurang tanpa kuliner daging kurban, yaitu daging kambing. Maka, saat Idul Adha, kuliner berbahan dasar daging kambing menjadi favorit bagi kalangan warga Indonesia ini. Ada berbagai macam olahan daging kambing yang diolah menjadi sate, tongseng atau gulai bahkan sup. Namun, salah satu yang terkenal dalam kuliner olahan daging kambing adalah Bu atau Kuah Sie Kameng dari Aceh.

Dalam laman loveaceh.com, Kuah Sie Kameng memang menjadi salah satu menu kuliner khas Aceh. Bila Anda menyempatkan bertandang di rumah makan yang ada di Aceh, sebagian besar akan menyajikan salah satu menunya dengan kuah Sie Kameng. Kuliner kuah Sie Kameng biasanya akan semakin lezat ketika disantap dengan nasi putih yang masih hangat.

[caption id="attachment_2373" align="aligncenter" width="1024"] Bila Anda menyempatkan bertandang di rumah makan yang ada di Aceh, sebagian besar akan menyajikan salah satu menunya dengan kuah Sie Kameng. (foto: loveaceh.com)[/caption]

Kuliner Kuah Sie Kameng merupakan jenis masakan “Kari” khas Aceh. Cita rasanya memang terbilang luar biasa, di mana kuahnya dipadu dengan rahasia lebih kurang 22 jenis bumbu. Bahkan masih ada sejumlah bumbu lainnya berupa kelapa gongseng, kelapa kukur, santan, kemiri, kunyit, pala, lawang keling lada, jahe, cabai, kayu manis, daun kari, pandan, dan sederet bumbu lain yang menghiasi aroma kelezatannya. Biasanya kuliner ini, disajikan dalam kuali besar yang mengundang cita rasa tersendiri.

Dalam cita rasa kuliner, Kuah Sie Kameng Aceh memang termasuk rumpun “Kari”. Masakan sejenis “Kari” memang sudah melengkapi kelezatan cita rasa nusantara. Dalam laman Wikipedia, Kari atau yang dikenal di Indonesia dengan “Kare” merupakan hidangan berkuah yang dimasak dengan rempah-rempah sehingga mempunyai cita rasa yang sedap dan pedas. Masakan Kari memang dikenal berasal Asia Selatan, terutama dari India yang meluas di sejumlah pelosok kawasan Asia Pasifik dan Eropa. Sehingga Aceh sebagai daerah yang mempunyai rumpun Melayu sudah tidak asing dengan meramu aneka masakan sejenis “Kari”ini.

Maka, Anda perlu mencoba bagaimana kelezatan “Kari” khas Aceh yang dikenal dengan Kuah Sie Kameng ini. Tentu, Anda harus mempersiapkan kesehatan Anda, karena masakan ini sarat dengan daging kambing dan berbagai bumbu yang akan meningkatkan koresterol Anda.

Comments

Popular Posts