Menuju Tugu Nol Kilometer Sabang, Titik Paling Barat Indonesia

Sejak kecil kita terbiasa mendengar lagu Dari Sabang Sampai Merauke yang berjajar pulau-pulaunya itu, bukan? Nah, di titik paling barat Indonesia, Sabang, punya Tugu 0 Km. Menurut travel.detik.com, Sabang berada di Pulau Weh sebagai pulau utama. Selain itu ada Pulau Klah, Seulako, Rubiah dan Rondo. Kecantikan Sabang sudah tidak diragukan lagi, Pulau Weh dan Pulau Rubiah jadi bukti otentiknya.

Dihimpun dari berbagai sumber, di Sabang, Tugu O Km menjadi destinasi yang sering diburu wisatawan. Tugu Nol Kilometer Indonesia merupakan tugu setinggi 43,6 meter dengan letak geografis yang berada pada Garis Lintang 05° 54' 21.42" LU dan Garis Bujur 95° 13' 00.50" BT. Penentuan posisi geografis ini diukur oleh pakar BPP Teknologi dengan menerapkan teknologi satelit Global Positioning System (GPS).

Menurut www.sabangmarinefestival.com, terdapat lima keunikan mengenai Tugu Nol Kilometer ini. Penanda geografis yang unik, Tugu Nol Kilometer yang menjadi simbol pemersatu Nusantara dari Sabang di Aceh sampai Merauke di Papua ini merupakan sebuah bangunan setinggi 22,5 meter dengan bentuk lingkaran berjeruji. Di puncak Tugu yang bercat putih dan di bagian atas menyemit seperti mata bor ini, terdapat patung burung garuda yang sedang menggenggam angka nol bersama dengan prasasti marmer hitam yang menunjukkan posisi geografisnya.

[caption id="attachment_2411" align="aligncenter" width="1024"] Tugu Nol Kilometer, Sabang, indah dan unik. foto: static.panoramio.com)[/caption]

Selain itu tidak terpancang di garis terluar sisi Barat Indonesia, memiliki kembaran yaitu Tugu Kembaran Sabang Merauke yang terletak di Merauke, berbatasan dengan 6 negara tetangga sekaligus, dan tak kalah unik adalah Presiden Joko Widodo adalah Presiden pertama Indonesia yang pernah mencapai Titik Nol Kilometer  di Indonesia ini.

Wajib rasanya jika liburan ke Sabang, mampirlah ke Tugu 0 Kilometer ini. Jangan lupa untuk mencetak sertifikat sebagai kenang-kenangan bahwa Anda sudah pernah berkunjung ke Titik Nol Kilometer Indonesia. Memang, selain berfoto di depannya, Anda juga bisa mendapatkan sebuah sertifikat bernama Sertifikat Nol Kilometer Indonesia. Sertifikat ini akan jadi bukti traveler pernah berkunjung ke Indonesia paling barat. Anda tinggal membayar administrasi yang sangat terjangkau dan akan dicetak saat itu juga. Menarik bukan?

 

Comments

Popular Posts