Desa Wisata Pujon Kidul yang Mencuri Perhatian

Baru saja diresmikan, Desa Wisata di Malang, yaitu Desa Wisata Pujon Kidul. Letaknya memang di Desa Pujon Kidul. Hamparan persawahan yang begitu hijau, juga landscape pegunungan yang elok melengkapi keindahan desa wisata ini.

Menurut Balipost.com, Desa Wisata Pujon Kidul ini terus melakukan perubahan.  Semisal, jumlah canopy di cafe sawah, yang tersebar di areal persawahan semi organic mulai bertambah. Demikian pula mini gazebo, serta tempat kandang kuda yang pembanunannya hampir selesai. Tak heran bila kunjungan wisatawan kini mencapai angka rata-rata 3000 tiap hari Sabtu dan Minggu dan 500 pengunjung pada hari kerja.

Perubahan fantastis ini juga berkat kerja sama desa dengan salah satu bank plat merah. Yakni mengucurkan dana berupa kredit usaha rakyat (KUR) kepada warga yang memiliki usaha menunjang keberadaan desa wisata Pujon Kidul.

Sebagai desa wisata yang memiliki kawasan rumah kampung lestari, Pujon Kidul memang tidak hanya mengedepankan wisata alam seperti kafe sawah. Tapi juga ditunjang dusunnya memiliki sejumlah aktivitas warganya yang produktif. Ada dusun yang konsentrasi khusus susu sapi. Sehingga dusun ini disebut kampung susu.

Ada pula dusun yang warganya konsentrasi pada budi daya tanaman toga. Sehingga disebut kampung Toga. Ada pula kampung markisa, apel dan jambu merah. “Kalau untuk jambu merah sudah bisa dipetik untuk wisata petik buah,” kata Udi Hartoko, Kepala Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon.

Tingginya animo masyarakat Desa Pujon Kidul, menjadikan kawasan desanya benar-benar desa wisata yang produktif dan ada diversifikasi usaha ini, tak lepas dari sinergi Desa Pujon Kidul dengan Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI), salah satu BUMN yang melakukan distribusi hasil pertanian milik warga Desa Pujon Kidul. Menurut Udi, kehadiran PPI itu sangat disambut begitu antusias warganya. Karena warga nantinya tak terlalu repot memasarkan produksi pertaniannya.

Menurut www.spotbaru.com, ke tempat ini pastikan anda  membawa kamera kesayangan. Di sana banyak hal menarik yang dapat dilakukan di Desa Wisata Pujon Kidul. Bukan hanya hal menarik, tapi juga bermanfaat. Diantaranya, seperti: camping, outbbound, petik sayur, beternak dan pembuatan biogas. Tetapi, kegiatan outbound lah yang paling sering diburu para wisatawan. Karenaa pemandangan yang luar biasa dan instagramable, akan membuat Anda tersihir untuk segera foto-foto. Jadi, jangan sampai deh baterai ponsel atau kamera lowbatt apalagi sampai tertinggal.

 

 

Comments

Popular Posts