Pulau Derawan yang Tersendiri, Jauh dari Kehidupan Kota

Pulau Derawan Kalimantan Timur, jauh dari kehidupan perkotaan. Sebuah tempat wisata alam yang sangat mengagumkan terhampar di sebuah kepulauan Derawan yang lokasinya berada di Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau Kalimantan Timur.

Pulau Derawan, menurut www.tipswisata.co,  menyajikan berbagai macam keindahan baik itu di atas permukaan laut dengan pemandangan air laut yang sangat bersih bergradasi warna biru dah hijau, panorama pantai dengan deretan pohon-pohon kelapa yang menghiasi sekitar pantai, hamparan pasir putih yang harus dan bersih serta rumah-rumah sederhana akan menyambut kedatangan Anda saat berkunjung ke pulau surganya backpacker  ini.

Tidak hanya itu saja, pemandangan bawah laut pulau yang satu ini sangat mengagumkan, ini adalah surganya para pencinta diving dimana mereka dapat menyelami taman bawah laut di sekitar kepulauan Derawan dengan kedalaman 5 meter yang dihuni oleh berbagai macam biota laut yang dilindungi, dan beberapa spesies hewan laut langka.

Pulau Derawan,  dalam Wikipedia, terletak di Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Satuan morfologi Pulau Derawan adalah dataran pantai bertopografi datar. Pantai pasir memiliki kemiringan lereng sekitar 7° - 11° dengan lebar 13,5 - 20 meter.

Pulau Derawan telah dicalonkan untuk menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 2005.

Di perairan sekitarnya terdapat taman laut dan terkenal sebagai wisata selam (diving) dengan kedalaman sekitar lima meter. Terdapat beraneka ragam biota laut di sini, di antaranya cumi-cumi (cuttlefish), lobster, ikan pipa  (ghostpipe fish), gurita (bluering octopus), nudibranchs, kuda laut (seahorses), belut pita (ribbon eels) dan ikan scorpion (scorpionfishes).

[caption id="attachment_2358" align="aligncenter" width="3264"] Panorama keindahan Pulau Derawan di waktu pagi. Pulau Derawan telah dicalonkan untuk menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO. (foto:sayabackpacker.files.wordpress.com)[/caption]

Pada batu karang di kedalaman sepuluh meter, terdapat karang yang dikenal sebagai "Blue Trigger Wall" karena pada karang dengan panjang 18 meter tersebut banyak terdapat ikan trigger (red-toothed trigger fishes).

Selain menyelam dan menikmati panorama pantai, anda juga dapat mengunjungi beberapa pulau lainnya yang ada di sekitar Pulau Derawan. Misalnya Pulau Maratua, Pulau Sangalaki dan Pulau Kakaban yang dihuni oleh banyak spesies hewan langka yang dilindungi, diantaranya ada penyu hijau, penyu sisik, ikan barakuda, lumba-lumba dan kima yang hidup dan berkembang di laut pulau derawan.

Di Pulau yang kaya akan hewan-hewan langka ini Anda juga dapat melihat proses bertelurnya penyu dan juga bersantai atau jalan-jalan di sekitar pantai yang bersih tanpa sampah yang merusak pemandangan, sehingga dengan mengunjungi pulau Derawan akan memberikan kesan tersendiri bagi liburan Anda.

Comments

Popular Posts