Hebat, Lombok Kian Memukau Asia!

Indonesia berhasil menempatkan dua destinasi dalam TOP 25 Destination Traveler's Choice Awards yang dirilis Trip Advisor tahun 2017 ini. Setelah Bali yang telah menempati peringkat pertama di dunia dan juga asia, Lombok berada di peringkat kesembilan.

Pemilihan ini berdasarkan ulasan dari para traveler yang mengunjungi situs Trip Advisor. Sebagai situs pengulas terbesar di dunia yang menjadi panduan para wisatawan mancanegara tentu saja berita ini sangat menggembirakan. Berarti Lombok sudah mulai banyak dibahas dan juga dikunjungi oleh para wisatawan dunia. Tampaknya tiga Gili masih menjadi andalan Lombok dan yang paling banyak dibahas. Selain itu Rinjani dan beberapa destinasi wisata lainnya seperti Pantai Senggigi, Kuta, dan beberapa lokasi lain.

Hal lain yang menggembirakan adalah Lombok berada di atas sejumlah destinasi favorit di Asia. Tokyo berada di peringkat 10, New Delhi (13), Hongkong (14), Singapura (16) dan yang mengejutkan Seoul berada di posisi 25. Padahal kota-kota tersebut menjadi destinasi tujuan utama turis asal Indonesia.

Walaupun tidak berada di peringkat pertama, Thailand sukses memasukkan paling banyak destinasi wisatanya. Dari 25 destinasi yang terpilih, Thailand menempatkan 5 destinasi wisata, yaitu Phuket, Koh Samui, Bangkok, Chiang Mai, dan Koh Tao.

Dalam daftar tersebut ternyata Vietnam harus diperhitungkan. Negara yang relatif baru dalam promosi pariwisata dunia jika dibandingkan dengan negara Asean lainnya itu mampu mendudukkan 3 destinasi wisata, yaitu Hoi An, Hanoi, dan Ho Chi Minh City. Vietnam mengalahkan Filipina yang hanya menempatkan dua destinasi yaitu Pulau Palawandan Pulau Panay.

Sayang sekali destinasi wisata andalan Indonesia lainnya seperti Borobudur, Pulau Komodo, Raja Ampat, Belitung, Bintan dan lain-lain belum masuk dalam daftar. Padahal tempat-tempat tersebut tidak kalah indah dan cantik dibandingkan dengan 25 destinasi wisata yang terpilih. Ini menjadi pekerjaan rumah pemerintah khususnya Kementerian Pariwisata agar daerah-daerah tersebut bisa menyusul Bali dan Lombok.

Berikut daftar lengkap Top 25 Destination Asia - Traveler's Choice Awards:
1. Bali - Indonesia
2. Siem Reap - Kamboja
3. Phuket - Thailand
4. Hoi An - Vietnam
5. Kathmandu - Nepal
6. Hanoi - Vietnam
7. Koh Samui - Thailand
8. Bangkok - Thailand
9. Lombok - Indonesia
10. Tokyo - Jepang
11. Goa - India
12. Chiang Mai - Thailand
13. New Delhi - India
14. Hongkong - China
15. Koh Tao - Thailand
16. Singapura - Singapura
17. Beijing - China
18. Jaipur - India
19. Agra - India
20. Kyoto - Jepang
21. Ho Chi Minh City - Vietnam
22. Palawan Island - Filipina
23. Panay Island - Filipina
24. Pokhara - Nepal
25. Seoul - Korea Selatan

sumber: trip advisor

Comments

Popular Posts