7 Spot Instagramable di Rio de Janeiro

Rio de Janeiro merupakan kota terbesar keempat di dunia. Tak hanya luas, kota ini adalah salah satu yang terindah di bumi. Sehingga tak mengherankan jika Rio menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Amerika Latin.

Selain lanskap kotanya yang sangat indah dengan pantai, danau, dan perbukitannya kota ini juga dilengkapi dengan gedung-gedung bersejarah yang sangat ikonik dan bangunan-bangunan menakjubkan lainnya.

Rio de Janeiro berasal dari bahasa Portugis dan mempunyai makna ‘Sungai Januari’ ini mempunyai luas 1.256 km2 dan dihuni oleh lebih dari 10 juta jiwa. Karena kecantikannya, pada tahun 2012 kota ini telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia Unesco.

Dalam perjalanan ke kota ini pada tahun lalu, Travel Today memilih 7 destinasi favorit yang paling ramai dikunjungi di Rio De Janeiro dan tentu saja instagramable:

  1. Cristo Redentor


[caption id="attachment_1245" align="aligncenter" width="800"] Cristo Redentor adalah tujuan utama yang ingin disinggahi para pelancong di Rio de Janeiro. (Foto: simplyairlines.com)[/caption]

Pilihan pertama tentu saja Cristo Redentor yang berarti Kristus Sang Penebus. Patung Kristus ini sangat monumental dan terkenal di dunia. Sehingga terpilih menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia baru. Cristo Redentor yang sering disebut juga Christ the Redeemer berdiri di ketinggian 710 meter di puncak bukit Corcovado dan dibangun pada tahun 1922 pada masa kejayaan Art Deco. Patung Kristus yang sangat gagah dengan tangan terbentang yang dipercaya menaungi Kota Rio de Janeiro ini dapat dilihat dari beberapa sudut kota

Untuk menuju ke patung ini tidaklah sulit. Cukup naik bus atau kereta yang menuju Taman Nasional Tijuica, tempat dimana patung ini berada. Kemudian membeli tiket dan naik kendaraan mini bus khusus yang disiapkan oleh pengelola taman nasional ini. Sesampai di atas kita harus menaiki eskalator dan lift yang sudah disiapkan.

Saat yang baik untuk mengunjungi tempat ini pada saat hari kerja, Senin-Kamis jam 10 pagi sampai 5 sore. Jika anda berkunjung pada hari Jumat-Minggu, maka kesabaran anda akan diuji oleh antrean yang sangat panjang. Berjam-jam lamanya.

Tetapi semua yang sampai di puncak bukit Corcovado akan mendapat ganjaran yang sama. Kita akan melihat lanskap kota Rio de Janeiro yang sangat indah dengan pemandangan kota yang sangat menakjubkan. Oleh karena itu Travel Today meletakkannya di urutan pertama.

 

  1. Sugarloaf Mountain


[caption id="attachment_1246" align="aligncenter" width="960"] Sugarloaf Mountain memanjakan mata dengan pemandangan indah seluas mata memandang. (Foto: Travel Today)[/caption]

Di urutan Kedua ada Sugarloaf Mountain. Bukit berbatu setinggi 395 meter dari atas permukaan Laut Atlantis dan berada di Teluk Guanabara. Bukit dan teluk ini pertama kali ditemukan oleh pelayar Portugis pada tahun 1502. Untuk menuju puncak Sugarloaf Mountain, kita harus naik cable car atau kereta gantung dari dasar Bukit Babilonia.

Untuk bisa menumpang kereta gantung yang bisa memuat 75 orang ini kita harus rela untuk merogoh kocek seharga USD 22 atau setara dengan Rp.250.000,-. Kereta akan berangkat setiap 10 menit sekali dan sebelum mencapai puncak akan transit di bukit Morro da Urca.

Ketika berada di dalam kereta gantung, traveller akan disuguhi pemandangan Teluk Guanara yang sangat indah. Dari puncak Bukit Morro da Urca anda dapat beristirahat sejenak di kafe-kafe dan restoran yang tersedia sambil mengabadikan dan menikmati keindahan pemandangan Teluk Guanara, Lautan Atlantis, dan Kota Rio de Janeiro.

Setelah puas, kita dapat melanjutkan kembali naik kereta gantung selanjutnya untuk menuju puncak Sugarloaf Mountain yang akan membuat betah berlama-lama. Puncak bukit batu ini telah disulap menjadi destinasi wisata yang sangat menarik. Para pengunjung akan memperoleh kesempatan untuk berfoto dari segala sudut yang sama indahnya.

Jangan lupa untuk berfoto di depan kereta gantung yang ada. Wahana-wahan ini kerap dipakai untuk shooting beberapa film terkenal. Salah satunya film James Bond yang meninggalkan memorabilia berupa satu gerbong kereta untuk menjadi lokasi foto para wisatawan. Saat yang asyik untuk datang ketempat ini adalah sore hari, karena anda bisa menikmati keindahan sunset yang tiada tara.

 

  1. Pantai Copacabana


[caption id="attachment_1247" align="aligncenter" width="960"] Pantai Copacabana menjadi tempat bersantai yang nyaman. Warga lokal dan mancanegara biasa berinteraksi di sana. (Foto: Travel Today)[/caption]

Setelah puas menikmati kota Rio dari atas puncak Bukit Cristo Redentor dan Sugarloaf Mountain, maka saatnya menikmati salah satu pantai yang sangat terkenal di dunia, yaitu Pantai Copacabana. Pantai yang berpasir putih dengan bibir pantai yang sangat luas ini telah beberapa kali meraih predikat pantai terbaik di dunia.

Pantai Copacabana memanjang lebih dari 4 km dan menjadi destinasi utama di Rio de Janeiro. Dari pagi sampai malam hari, pantai ini tidak pernah sepi. Pada saat tengah hari yang terik di musim panas pun Copacabana selalu dipenuhi wisatawan yang asyik menjemur diri. Pantai ini juga menjadi pusat perayaan festival tahunan yang sangat terkenal di dunia. Datanglah sore hari, traveller akan melihat banyak pertunjukan musisi jalanan yang membuat pantai ini semakin meriah.

 

  1. Pantai Ipanema


[caption id="attachment_1248" align="aligncenter" width="960"] Pantai Ipanema memiliki daya tarik tersendiri yang tak kalah dengan Pantai Copacabana. (Foto: Travel Today)[/caption]

Pantai ini sebenarnya berada satu garis lurus dengan Pantai Copacabana. Layaknya Pantai Kuta dan Pantai Seminyak di Bali. Jika Copacabana lebih banyak dikunjungi oleh wisatawan yang membawa keluarga dan mereka yang sudah lebih dewasa layaknya pantai Sanur di Bali, maka Pantai Ipanema dipenuhi wisatawan usia muda dari seluruh dunia. Layaknya tempat nongkrong anak muda, maka di pantai ini kita akan disuguhi banyak pemandangan anak-anak muda yang bermain voli pantai, tenis pantai, dan tentu saja sepak bola pantai.

Pemandangan di Ipanema tidak kalah dengan Copacabana. Sepanjang pantai ini juga dipenuhi oleh kafe, restoran, toko suvenir, galeri, teater, dan klab. Tinggal anda pilih sesuai selera. Kalau anda jomblo atau merasa berusia muda, lebih baik pilihlah Pantai Ipanema.

 

  1. Lagoa


[caption id="attachment_1249" align="aligncenter" width="688"] Alam seperti berpihak pada Rio de Janeiro. Selain gunung dan pantai, masih ada danau yang dikenal sebagai Lagoa (Foto: panomario.com)[/caption]

Lagoa merupakan kawasan paling ekslusif di distrik Zona Sul, Rio de Janeiro. Lagoa juga merupakan rumah bagi laguna besar yang dikenal dengan nama Lagoa Rodrigo de Freitas. Jika traveller datang kemari, kita tidak akan menyadari kalau ini adalah lagoon atau danau. Karena airnya yang jernih dan biru serta banyaknya yacht yang bersandar di tepiannya membuat danau ini lebih menyerupai laut.

Lagoa merupakan rumah bagi banyak spesies burung dan ikan yang hidup di Brazil. Sepanjang tepian lagoa dipenuhi oleh pohon-pohon yang sangat rimbun dan terjaga keasriannya. Lagoa menjadi tempat favorit untuk olahraga bersepeda dan lari. Karena di sepanjang pinggir Lagoa telah disiapkan jalur sepeda dan jogging track yang sangat aman. Terpisah dari kendaraan dan pejalan kaki. Di sepanjang Lagoa juga banyak terdapat kafe dan restoran yang bisa menjadi pilihan untuk bersantai dan menikmati pemandangan.

 

  1. Centro


[caption id="attachment_1250" align="aligncenter" width="960"] Travel Today mengabadikan diri di depan Escadaria Selaron. Selain kekayaan alam, Rio de Janeiro pun dihidupi oleh karya para seniman. (Foto: Travel Today)[/caption]

Seperti namanya, Centro adalah pusat kota Rio de Janeiro. Di Centro kita akan menemukan banyak bangunan bersejarah dan gedung-gedung yang indah. Salah satunya yang terkenal adalah Arcos da lapa. Saluran air yang dibangun pada abad ke-18 oleh pemerintah kolonial ini sungguh menakjubkan dan menjadi tempat berfoto yang indah dan sangat instagramable.

Bersebelahan dengan Arcos da lapa terdapat The Metropolitan Chatedral of Saint Sebastin. Gereja Khatedral ini sangat tinggi, setara dengan gedung 8 lantai dengan bentuk menyerupai piramida. Dinding bagian dalam gereja ini dipenuhi kaca-kaca art deco dari abad pertengahan yang memancarkan cahaya berwarna warni. Sungguh indah.

Beberapa ratus meter dari kedua gedung ini terdapat Escadaria Selaron atau Tangga Selaron. Tangga yang berwarna-warni dan sangat cantik ini menjadi salah satu tempat favorit untuk berfoto di Brazil. Disamping itu di daerah ini juga banyak terdapat restoran lokal Brazil dengan beragam menu yang wajib dicoba oleh wisatawan yang berkunjung ke Rio de Janeiro.

 

  1. Parque Nacional de Tijuca


[caption id="attachment_1251" align="aligncenter" width="690"] Air terjun Cascatinha di Parque Nacional de Tijuca yang kerap diabadikan para wisatawan. (Foto: guiaviajarmelhor.com.br)[/caption]

Parque Nacional de Tijuca atau yang lebih dikenal dengan Tijuca Nasional Park merupakan taman nasional yang sangat hijau dan berbukit-bukit yang merupakan bagian dari Kota Rio de Janeiro. Taman nasional ini merupakan tempat perlindungan aneka satwa dan tumbuhan khas Brazil.

Tempat ini menjadi tujuan wajib untuk traveller yang menyukai hiking dan trekking. Apalagi di sana terdapat kebun kopi yang luas dengan pemandangan yang indah.

Di dalam taman nasional yang diklaim sebagai hutan kota terbesar di dunia ini banyak terdapat atraksi wisata outing. Patung Kristus Sang Penebus di puncak Bukit Corcovado juga merupakan bagian dari taman ini. Selain itu kita dapat menikmati indahnya Air Terjun Cascatinha, Mesa de Imperador yaitu meja piknik dari granit yang berukuran raksasa dan juga lukisan mural karya Candido Portinari.

Itulah 7 destinasi instagramable favorit yang kami pilih untuk pembaca Travel Today. Jadi segeralah tentukan jadwal liburan dan pilihlah Rio de Janeiro sebagai tujuan. Anda akan menikmati hari-hari yang menakjubkan di salah satu kota terindah di dunia ini.

Zahrudin Haris | traveltoday

Comments

Popular Posts