Rasakan Degup Sepakbola di Jantung Kota Zurich

Belum banyak yang tahu kalau Federasi Sepakbola Internasional alias FIFA membuat FIFA World Football di Zurich, Swiss. Sesuai namanya, museum ini ingin merayakan kekayaan sejarah sepakbola.

Selain alasan tersebut, museum ini dihadirkan untuk menunjukkan bagaimana pertandingan demi pertandingan sepakbola terus menghubungkan dan menginspirasi dunia.

[caption id="attachment_1018" align="aligncenter" width="673"] FIFA world football museum, foto: tripadvisor[/caption]

Sebagai museum ciptaan FIFA, tentu saja ada kisah mengenai bagaimana organisasi itu menumbuhkan dan mengembangkan berbagai asosiasi sepakbola di berbagai negara di belahan dunia. Perjuangan panjang yang di kemudian hari membuat sepakbola tanpa diragukan lagi menjadi olahraga nomor satu di dunia yang mampu menyatukan bangsa-bangsa.

Salah satu situs yang wajib dikunjungi di museum ini adalah FIFA World Cup Gallery. Seluruh pecinta olahraga dan sepakbola wajib mengunjungi galeri yang didedikasikan bagi sejarah sepakbola dengan segala kisah kejayaannya. Berbagai koleksi yang mencengangkan tersimpan di galeri ini, termasuk trofi Piala Dunia.

Peragaan multimedia bisa dirasakan di museum ini. Selain berbagai koleksi yang bisa disaksikan dari berbagai sisi, penggunaan teknologi audiovisual akan membawa pengunjung dapat merasakan sensasi yang berbeda. FIFA World Football Museum sangat jelas menunjukkan betapa sepakbola memberikan pengaruh positif pada banyak orang, memberi inspirasi ke seluruh dunia.

[caption id="attachment_1023" align="aligncenter" width="800"] gedung FIFA World Football Museum, foto: fifamuseum.com[/caption]

Bangunan museum ini juga punya sejarahnya sendiri. Keberadaannya menjadi mungkin setelah FIFA menandatangani kontrak sewa Haus zur Enge selama 40 tahun dengan Swiss Life. Letaknya di Tessinerplatz di tengah kota Zurich.

Proses konstruksi museum itu kemudian dilakukan dalam rentang 25 April 2013 hingga 18 Desember 2015. Sekitar dua setengah tahun lamanya. Pada 28 Februari 2016 Museum resmi dibuka.

Saat ini, FIFA World Football Museum memiliki ruang eksibisi sebanyak tiga lantai. Ada pula sports bar, kafe, dan toko cinderamata di sana.

[caption id="attachment_1020" align="aligncenter" width="800"] Sportbar 1904, cafe di dalam museum FIFA, foto: fifamuseum.com[/caption]

Bagi Anda yang hendak berkunjung ke sana, jangan lupa untuk memperhatikan jam buka. Setiap Selasa sampai Sabtu dibuka dari jam sepuluh hingga tujuh malam waktu setempat. Hari Sabtu dibuka dari jam Sembilan pagi hingga enam sore. Museum ini tidak melayani pengunjung pada hari Senin.

Letaknya yang berada tepat di jantung Kota Zurich membuatnya mudah untuk dijangkau dengan transportasi umum. Jadi, tunggu apalagi?

Johanes Indra, traveltoday

Comments

Popular Posts