Golf: Sport Tourism Andalan Singapura

Singapura bukanlah sebuah negara yang luas. Tetapi mereka justru memiliki lapangan golf yang jika disatukan menjadi terluas di dunia. Tak hanya luas, lapangan golf di sana pun menjual keindahan untuk memanjakan para pegolf saat melayangkan pukulan mereka.

Sentosa Golf Club

[caption id="attachment_1040" align="aligncenter" width="1000"] Sentosa Golf Course, foto: Joost Rooijmans[/caption]

Hamparan rumput hijau sejauh mata memandang, kolam-kolam indah, pohon-pohon palem, dan pasir laut. Apa lagi yang diminta? Daftar teratas yang dipilih adalah klub yang dua kali mendapatkan penghargaan sebagai klub golf dengan pemandangan pantai dan kota yang paling menakjubkan.

Sentosa Golf Course mulai beroperasi pada 1972 dan dipercantik pada 1993. Klub ini memiliki Tanjong Course yang menantang sepanjang 6.218 meter dengan par-72 yang dinominasikan sebagai  Singapore’s Best Golf Course selama tiga tahun berturut-turut dari tahun 1997 oleh Asian Golf Review. Bermainlah di sini jika Anda berani menantang sejumlah area tantangan alami, danau air tawar, dan daerah pendaratan sempit dengan Laut Cina Selatan sebagai latar belakang. Wuih!

Klub ini juga dikenal dengan Serapong Course sepanjang 6675 meter yang dibuka pada tahun 1982 dan diperbarui pada 2007, mendapatkan predikat sebagai Number 1 Championship Golf Course in Asia oleh Golf Monthly di tahun yang sama. Medan bergelombang dan gundukan menantang kemampuan Anda. Di saat yang bersamaan Anda bisa menyaksikan pemandangan pelabuhan Singapura dan cakrawala kota.

Para pemain golf top dunia menyukai bermain di sini. Setelah dibuka oleh Perdana Menteri pertama Singapura Mr Lee Kuan Yew, Sentosa Golf Club adalah rumah bagi sejumlah ajang golf primer seperti Barclays Singapore Open. Para pemain top seperti Adam Scott, Phil Mickelson dan Lee Westwood telah mengayunkan stik mereka di sini.

Singapore Island Country Club

[caption id="attachment_1041" align="aligncenter" width="1000"] Bukit Golf Course, foto: Benoit Mortgat[/caption]

Singapore Island Country Club adalah lapangan golf tertua dan terbesar di Singapura. Pertama kali beroperasi pada tahun 1905 dan memiliki empat course 18-hole berstandar kejuaraan.

Banyak kalangan mengatakan bahwa lapangan golf ini merupakan yang paling bergengsi. Tentu saja predikat itu berasal dari nilai historis dan kemampuan mereka dalam mempertahankan kualitas.

Klub ini dibagi menjadi dua wilayah di sisi utara dan selatan MacRitchie Reservoir sehingga Anda dapat menikmati berbagai pemandangan indah. Plus, Anda tidak perlu khawatir tentang membuat pasangan Anda menunggu sementara Anda menjelajahi berbagai course.

Bahkan jika mereka bukan penggemar golf sekalipun akan dengan mudah terhibur dengan semua fasilitas lain yang menakjubkan di klub, termasuk kamar jackpot, bowling, salon rambut dan kolam renang. Semua fasilitasnya menyenangkan.

Selain empat course 18-hole yang menawarkan medan alami ada course 9-hole yang dirancang secara eksklusif oleh pemenang PGA Tour Peter Thomson bagi pegolf baru untuk mengasah keterampilan dan mengembangkan kepercayaan diri mereka.

Laguna National Golf and Country Club 

[caption id="attachment_1039" align="aligncenter" width="1000"] Laguna National Golf and Country Club, foto: www.singaporebeyond.com[/caption]

Laguna National Golf and Country Club memiliki dua course 18-hole. Di sini pernah dilaksanakan beberapa kejuaraaan internasional termasuk Singapore Masters, Prudential Causeway Trophy dan ADT Capts, sebuah kejuaraan LGPA Korea yang pertama kali dihelat di luar Korea.

Bagi para pegolf yang menyukai tantangan berat rasanya perlu mencoba arena ini. United States Golf Association menggelari Asia’s Toughest Test untuk course sepanjang 6.720 meter ini.

Ssstttt… Tiger Woods dan Ernie Els pernah memilih Laguna National Golf and Country Club ini sebagai tempat berlatih secara tertutup. Kalau sudah begitu, tak perlu dijelaskan lagi bagaimana arena yang satu ini.

Berbagai kemewahan juga ditawarkan. Hotel, restoran, zona spa, dan vila tersedia secara eksklusif.

Marina Bay Golf Course

[caption id="attachment_1038" align="aligncenter" width="800"] Marina Bay Golf Course, foto: Nicholas Lannuzel[/caption]

Arena golf 18-hole ini terletak di seberang Gardens by the Bay dan Singapore Flyer. Tentu lokasinya menawarkan pemandangan city scape terbaik.

Marina Bay Golf Course menawarkan kesempatan bermain golf di malam hari bagi para eksekutif yang sibuk di jam kerja. Hanya ada beberapa arena golf saja yang bisa dijadikan tempat night golfing di Singapura.

Di sini Anda akan menghadapi 91 bunker dengan berbagai ukuran yang tentu saja akan memberi tantangan tersendiri. Menyenangkan bukan? Apalagi sebagai satu-satunya arena golf yang terbuka untuk umum akan memberi peluang bagi siapa pun untuk bersenang-senang.

Jadi apakah Anda seorang pemula atau pegolf berpengalaman, di sini bisa menjadi tempat bagi Anda untuk meningkatkan permainan Anda. Terbuka peluang pula bagi Anda untuk bergabung dalam komunitas golf sehingga bisa merasakan golf sebagai olahraga rekreasi.

Raffles Country Club

[caption id="attachment_1042" align="aligncenter" width="724"] Raffles Country Club, foto: www.rcc.org.sg[/caption]

Raffles Country Club terlihat sebagai lanskap hijau yang menakjubkan. Di sana Anda akan mendapati dua arena 18-hole standar kejuaraan. Lake Course sepanjang 6.041 meter dan Palm Course yang memiliki panjang 6.072 meter.

Klub yang satu ini pernah menjadi tempat berlangsungnya ajang Asian PGA Championship 1997 dan 1998 dengan menghadirkan sejumlah jebakan air dan pot bunker. Tak heran arena ini mendapat julukan sebagai arenanya para thinking golfers.

Ada sejumlah resoran dan bar untuk sekadar melepas lelah di Raffles Country Club. Termasuk dua lounge yang memberi kesempatan bagi Anda untuk memandangi danau dan hutan Pasir Laba.

Saat happy hour, kunjungilah Albatross Lounge untuk menikmati lantai dansa sambil menikmati segelas wine. Bahkan, jika beruntung, Anda bisa menyaksikan berbagai kegiatan komunitas seperti pertunjukan stand up comedy.

Itulah sejumlah rekomendasi kami bagi para pegolf yang ingin merasakan kenyamanan bermain golf seperti para juara. Tentu saja, nikmati pula berbagai fasilitas eksklusif yang ada di sejumlah arena tersebut.

Johanes Indra | traveltoday dari berbagai sumber

Comments

Popular Posts