Uji Nyali Anda di Sungailiat Triathlon

Sungailiat merupakan ibukota Kabupaten Bangka di Provinsi Bangka Belitung. Letaknya sekitar lima puluh menit perjalanan darat dari Bandar Udara Depati Amir di Pangkalpinang. Di Sungailiat pariwisata sedang menggeliat.

Mungkin tidak ada yang mengira bahwa salah satu hal yang membuat pariwisata di Sungailiat makin semarak adalah kehadiran Sungailiat Triathlon sejak 2012 lalu. Sport tourism menjadi landasan dari gagasan hebat itu. Gagasan yang menjadi ajang uji nyali bagi mereka yang piawai dalam olahraga renang, bersepeda, dan berlari.

Indrata Yusaka adalah salah seorang yang ada di balik ajang olah raga tahunan tersebut. Sebagai Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bangka ia mendapat kewajiban untuk mulai membidani Sungailiat Duathlon 2012 dan selanjutnya memfasilitasi pelaksaan Sungailiat Triathlon sampai saat ini.

[caption id="attachment_906" align="alignnone" width="640"] Indrata Yusaka (ketiga dari kiri) sedang bersantai[/caption]

“Sungailiat Triathlon bertujuan mengembangkan pemasaran pariwisata di Kabupaten Bangka dengan merintis destinasi sport tourism baru yang berskala global dengan mengangkat objek wisata dan atraksi budaya lokal,” kata Indrata melalui surel kepada traveltodayindonesia.com.

Ia mengisahkan bahwa ajang tahunan yang dimulai sejak tahun 2012 awalnya bernama Sungailiat Duathlon. Setahun kemudian berkembang menjadi Sungailiat Triathlon hingga saat ini. Tak terasa, tahun 2017 akan menjadi pelaksanaan keenam kalinya. Sungailiat Triathlon telah resmi memperlombakan Sprint, Standard dan Long Distance.

Indrata telah berpengalaman melakukan berbagai peran dalam pelaksanaan Sungailiat Triathlon. Bahkan, kalangan penggiat triathlon pun menjulukinya sebagai owner Sungailiat Triathlon.

“Peserta datang dari seluruh penjuru Indonesia dengan persentase 70% dari Jabodetabek. Tahun 2016 diikuti perwakilan dari 18 negara dengan total peserta 428 orang. Pada dasarnya peserta nusantara sama pentingnya dengan peserta mancanegara. Namun peserta mancanegara memiliki nilai strategis dalam menjadikan Sungailiat Triathlon sebagai sport tourism berskala global,” begitu penjelasan Indrata ketika ditanya soal target peserta yang dituju.

Dampak kehadiran Sungailiat Triathlon bagi pariwisata di Bangka begitu terasa. Pelaku ekonomi pariwisata merasakannya secara langsung seperti meningkatnya okupasi hotel, penjualan cinderamata, kuliner, dan sebagainya.

Indrata menegaskan, “Secara brand saat ini nama kota Sungailiat sudah identik dengan Sungailiat Triathlon. Saat dimulai Sungailiat Triathlon megusung konsep warmth gathering of tri-lover in Indonesia.”

Sungailiat Triathlon 2017 akan dilaksanakan pada bulan April. Pendaftaran sudah dibuka di situs resmi mereka. Sebagai ajang yang dijuluki lebarannya triathlon Indonesia, maka keberadaannya sangat menyita perhatian. Sebab para penguji nyali sudah mempersiapkan diri.

[caption id="attachment_909" align="aligncenter" width="695"] keindahan pantai Parai Tenggiri, foto: Lihat.co.id[/caption]

Nah, usai menguji nyali, jangan lupa untuk menyempurnakan relaksasi Anda dengan mengunjungi pantai-pantai andalan di Sungailiat selain Pantai Tanjung Pesona yang menjadi tempat pelaksanaan triathlon, seperti Pantai Matras yang tersohor, Pantai Parai Tenggiri yang disebut sebagai pantai paling indah dengan hamparan batu granit yang memukau, atau Pantai Tikus yang masih alami dan belum terjahili tangan-tangan iseng.

[caption id="attachment_910" align="aligncenter" width="696"] otak-otak khas bangka, foto: Bangka Tour[/caption]

Bagaimana dengan wisata icip-icipnya? Bangka adalah surganya kuliner. Jajanan seperti otak-otak ikan tenggiri dan martabak adalah juaranya. Juga kunjungilah kedai kopi yang bertebaran di sana.

(Yohanes Indra; traveltodayindonesia.com)

Comments

Popular Posts