Liburan di Lampung, Ada Pantai Klara Bagi Wisata Keluarga

Ternyata asal muasal kata ‘Klara’ pada Pantai Klara yang indah ini adalah ‘Kelapa Rapat’. Jadi dulu, sekitar tahun ‘80an, sebelum pantai ini dijadikan destinasi para wisatawan, banyak sekali pohon kelapa yang berjajaran amat rapat, sehingga masyarakat sekita menamainya dengan kelapa rapat. Kini dikenal dengan Pantai Klara, Lampung.

Berbeda dengan pantai lain, air di pantai Klara teramat jernih. Menurut laman www.jejakpiknik.com, Air pantainya sebening kaca, seolah airnya tak ada dengan memperlihatkan pasir halus  di dasarnya. Air yang dangkal dan ombak yang kecil membuat anak kecil aman bermain jauh dari bibir pantai dengan menggunakan ban karet, di Pantai Klara ini. Asalkan saja tidak melewati batas pelampung yang terletak di depan gazebo ujung dermaga.

[caption id="attachment_2206" align="aligncenter" width="1920"] Pantai Klara dengan airnya yang amat jernih. (foto: maxresdefault)[/caption]

Pemandangan sunset dan sunrise di Pantai Klara ini juga sangat indah. Di kejauhan, Anda bisa melihat pulau-pulau kecil. Bahkan Anda bisa menyewa perahu untuk bisa menuju ke pulau Pahawang yang memiliki keindahan menakjubkan juga.

Pantai Klara ini pertama kali dibuka tahun 1997. Sebelumnya merupakan pos Unit Gugus Keamanan (UGK) sampai sekarang. Pantai ini dikelola oleh TNI AL Lampung. Maka, tak jauh dari Pantai Klara terdapat sebuah pangkalan militer TNI AL yang digunakan sebagai latihan. Sebuah plang bertuliskan ”Selamat Datang di Kawasan TNI AL”akan Anda lihat di jalan menuju pantai Klara.

Lokasi Pantai Klara, menurut nationalgeographic.co.id, berada tidak jauh dari pusat kota Bandar Lampung yang juga merupakan ibukota dari provinsi Lampung. Pantai yang berada di wilayah administratif Kabupaten Pesawaran ini bisa ditempuh hanya dalam waktu 1 jam bila menggunakan kendaraan bermotor menuju lokasi pantai. Satu yang perlu diperhatikan. Mengingat jalanan menuju Pantai Klara tidak begitu lebar, anda harus berhati-hati jika akan mendahului. Sebab alih-alih dapat mendahului, anda bisa kecelakaan bertabrakan dengan kendaraan dari arah yang berlawanan.

[caption id="attachment_2207" align="aligncenter" width="4928"] Senja di Pantai Klara. Berburu sunset dan sunrise amat mengasyikkan di Pantai ini. (foto: ernaprisqilla.wordpress.com)[/caption]

Topigrafy dari pesisirnya yang luas dan landai, menurut wisatabagus.net, menjadi keuntungan tersendiri bagi Pantai Klara. Hal ini memungkinkan terjadi banyaknya aktivitas wisata. Ada beberapa kegiatan menarik yang dapat anda lakukan di Pantai Klara, antara lain watersport, memancing, snorkeling, menyewa canoe, berburu sunset, dan aktivitas piknik lainnya bersama keluarga seperti bermain air, berenang, menikmati semilir angin. Maka tak heran, pantai ini termasuk pantai yang banyak dikunjungi di Lampung.

Nah, pertimbangkan pergi ke Pantai Klara, bila Anda sedang liburan di Lampung bersama keluarga.

Comments

Popular Posts