Enaknya Manisan Kolang-Kaling Cap Klenteng Semarang

Kata orang, belum ke Semarang jika tak mampir di kolang-kaling “cap Klenteng” di kawasan Gang Lombok Pecinan Kota Semarang. Tepatnya di jalan Gang Lombok no.11, samping klenteng Tay Kak Sie, ada warung sederhana yang sudah tua. Di dalam warung itu, tertulis cukup besar, “Kolang-Kaling Cap Klenteng.” Nah, di tempat itulah tersedia manisan kolang-kaling yang sudah terkenal sejak dulu. Bahkan saking larisnya, Anda harus pesan dahulu agar tidak kehabisan. Biasanya orang mencari kolang-kaling “Cap Klenteng” ini juga sekalian beli Lumpia Gang Lombok Semarang yang  terkenal itu. Tentu kolang-klaing yang disajikan dalam bentuk manisan ini, bukan sembarang kolang-kaling yang umumnya. Kelasnya bisa dibilang kolang-kaling yang seakan bisa dikatakan top brand. Rasanya,begitu sedap dan sangat mendukung jika dihidangkan dengan es campur yang Anda buat.

Warung kolang-kaling “cap klenteng” ini memang tepat di samping klenteng yang sangat terkenal di Semarang yaitu klenteng Tay Kak Sie. Untuk itu, sekalian jika Anda beli kolang-kaling “cap klenteng” ini sebagai oleh-oleh khas Semarang, jangan lupa sekalian mampir di klenteng Tay Kak Sie ini. Sensasi rasa kolang-kaling akan lebih enak dan memberikan nilai yang sejarah juga, apalagi nama brand “cap Klenteng” tentu dikaitkan dengan klenteng Tay Kak Sie yang begitu elok sebagai salah satu klenteng tua dan terbesar.

[caption id="attachment_2237" align="alignnone" width="4608"] Warung kolang-kaling “Cap Klenteng” ini memang tepat di samping klenteng yang sangat terkenal di Semarang yaitu klenteng Tay Kak Sie. (foto: Purwono Nugroho Adhi)[/caption]

Dalam laman semarangcoret.com, Klenteng Tay Kak Sie merupakan klenteng yang paling besar di Semarang. Klenteng ini juga memiliki tempat pemujaan berbagai dewa dan dewi yang lebih lengkap. Nama Tay Kak Sie itu berarti Kuil Kesadaran Agung. Dan, menariknya, jika Anda ingin mampir, sempatkalah mengikuti salah satu perayaan penting di Tay Kak Sie ini, yaitu arak-arakan Kongco Poo Seng Tay Tee, atau yang sering juga disebut sebagai Dewa Pengobatan.

Kolang-kaling “cap Klenteng” tentu akan menarik bagi Anda. Sekali lagi, selain rasanya yang enak untuk dinikmati, bisa dengan campuran es buah atau hanya sekadar Anda makan sebagai manisan, kolang-kaling ini juga tertua di Semarang. Letak warung di kawasan Gang Lombok yang ada di pecinan Kota Semarang akan membuat Anda tidak hanya memburu wisata kuliner, namun sekaligus menikmati sensasi kawasan pecinan Semarang yang sudah tua dan terkenal itu.

 

Comments

Popular Posts